Thursday, February 14, 2013

kegunaan open source

Software open source merupakan perangkat lunak  gratis. Gratis disini mempunyai makna luas dimana software ini membebaskan source kodenya untuk dilihat oleh semua orang dan membiarkan mereka mengetahui cara kerja software tersebut dan juga memperbaiki kekurangan - kekurangan yang ada pada software tersebut. Software open source yang terkenal diantaranya adalah linux, os ini bisa kita unduh dengan gratis, lalu kita bisa menginstallnya pada komputer atau laptop kita. Banyak hal yang menarik dalam software ini, baik dalam kelebihan maupun kekurangannya, maka dari itu saya akan membahasnya di penulisan ini. Dalam penulisan ini saya akan membahas tentang kegunaan dari  software open source serta kelebihan dan kekurangan software ini.

Banyak orang yang menganjurkan kita untuk memakai software open source dalam pembuatan aplikasi. Anjuran tersebut pasti mempunyai dasar alasan kenapa menganjurkan kita untuk memakai software tersebut dalam pembuatan aplikasi. Menurut saya salah satunya mungkin karena gratis dan mudah didapat. Dengan gratis semua orang bisa mengunduh software ini dengan semaunya tanpa membayar seperti software – software lainnya yang berbayar. Memang tidak semua software yang kita inginkan untuk membuat aplikasi bisa gratis kita dapatkan, namun setidaknya ada kemiripan atau jenis yang sama dengan software berbayar tersebut, jadi kita bisa mengunduhnya untuk membuat aplikasi yang kita inginkan.


Setiap software pasti ada kelebihan dan kekurangannya, itu wajar karena memang harus ada batasan atau cakupan software setiap pembuatannya. Apa lagi yang kita bahas ini adalah software open source, tentu banyak pro kontra diantara kelebihan dan kekurangannya. Saya akan membahas keduanya menurut pandangan saya saja setelah membaca dan menggunakan software open source. Dalam paragraf ini saya akan membahas kelebihannya saja, kekurangannya saya akan tulis di paragraf selanjutnya. Kelebihannya sudah tentu gratis, namun ada kelebihan lain yang perlu diangkat ditulisan saya ini. Software ini bisa diperbaiki oleh semua orang yang mengunduhnya, jadi dikira ada yang kurang dari software ini bisa diperbaiki oleh seseorang dan kemudian diunggah lagi untuk diberitahu di internet dan dapat diunduh oleh semua orang. Dengan demikian ada manfaat lain dari itu, ada banyak bermunculan developer – developer handal dari penjuru dunia.
Keraguan juga muncul dengan adanya software gratisan ini, banyak yang takut dengan kualitasnya jika dipakai dalam pembuatan aplikasi. Wajar saja, karena setiap orang boleh menilai buatan orang lain asal jangan mencela atau menghina. Menurut saya juga demikian, ada kelebihan pasti ada kekurangannya. Kekurangan dari software open source adalah sedikitnya software yang sesuai dengan keinginan pengguna, hanya ada kemiripan saja dengan aslinya. Seperti software untuk menggambar tentu berbeda kualitasnya dengan software berbayar, dari toolbar maupun kualitasnya, saya akui software berbayar agak sedikit lebih unggul namun bukan berarti software gratisan ini jelek. Ada sisi positif dengan adanya software open source, setidaknya bisa menghilangkan pemakaian software berbayar secara ilegal yang selama ini marak digunakan.

No comments:

Post a Comment